Belum yakin apakah solusi paket yang ada cocok dengan kebutuhan Anda? Bingung memikirkan investasi jutaan dolar untuk pengembangan kustom yang berisiko gagal? Sedang mempertimbangkan strategi beli atau bangun sendiri? Keahlian KANO dalam modernisasi aplikasi dan pengembangan kustom dirancang untuk membantu perusahaan yang menghadapi tantangan tersebut.
Tidak yakin apakah aplikasi yang dikembangkan secara kustom akan lebih mahal dibandingkan perangkat lunak paket? Belum yakin apakah ada aplikasi siap pakai yang bisa memenuhi kebutuhan Anda? Pengalaman terbatas dalam membuat model keuangan untuk keputusan beli vs. bangun? Perusahaan mencari bantuan dari KANO ketika mereka belum berpengalaman dalam melakukan analisis beli vs. bangun.
Belum berpengalaman dalam analisis TCO dan ROI perangkat lunak yang dikembangkan secara kustom? Khawatir dengan risiko keuangan yang melekat pada pengembangan kustom? Cemas dengan komitmen berlebihan dari tim TI? Perusahaan mencari bantuan dari KANO ketika mereka membutuhkan dukungan dalam menghitung TCO dan ROI dari perangkat lunak kustom.
Memiliki kemampuan coding tetapi belum yakin bagaimana membangun arsitektur perangkat lunak kustom? Pengalaman terbatas dalam merencanakan infrastruktur aplikasi enterprise? Perusahaan mencari bantuan dari KANO ketika mereka membutuhkan dukungan dalam merancang perangkat lunak kustom.
Memiliki talenta teknis yang hebat di dalam perusahaan, tetapi keterbatasan dalam kemampuan finansial untuk memperkirakan dan mengelola program. Program yang sedang berjalan mengalami pembengkakan anggaran akibat aplikasi yang terlalu rumit? Perusahaan mencari bantuan dari KANO ketika mereka membutuhkan dukungan dalam mengelola program pengembangan kustom berskala besar.
Butuh bantuan dengan strategi migrasi aplikasi legacy? Sudah punya visi untuk memodernisasi aplikasi tapi bingung bagaimana menyusun roadmap migrasi? Upaya migrasi legacy sebelumnya gagal? Perusahaan mencari bantuan dari KANO ketika mereka membutuhkan dukungan dalam memilih jalur migrasi terbaik untuk aplikasi legacy.
Perbedaan signifikan dalam pemilihan tech stack untuk aplikasi internal? Tim internal kesulitan menentukan langkah pengembangan aplikasi internal mereka? Bingung bagaimana keputusan teknologi bisa berdampak finansial di kemudian hari? Perusahaan mencari bantuan dari KANO ketika mereka membutuhkan dukungan dalam memilih tech stack untuk aplikasi kustom yang dikembangkan.
Proses dimulai dengan penilaian yang membantu membangun roadmap dan menetapkan prioritas untuk berbagai inisiatif. Selanjutnya dilanjutkan dengan desain tingkat tinggi dan tingkat rendah, diikuti oleh sprint pengembangan. Pendekatan ini dapat sedikit bervariasi tergantung pada karakteristik pengembangan kustom dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
Fase ini dimulai dengan penilaian cepat yang mengeksplorasi beberapa solusi beserta kelebihan dan kekurangannya. Penilaian ini juga membahas secara singkat pertimbangan arsitektur, estimasi biaya, dan lini masa pengembangan proyek.
Fase desain tingkat tinggi ini menganalisis kebutuhan secara lebih mendalam dan menghasilkan epics serta user story. Fase ini juga menyusun rencana kualitas dan rencana rilis untuk proyek.
Fase desain tingkat rendah ini melihat kebutuhan dari sudut pandang developer dan menganalisis API, antarmuka, serta rencana pengujian otomatis yang diperlukan selama proses pengembangan. Fase ini juga melakukan proof of concept (POC) untuk mengeliminasi risiko teknis maupun finansial yang mungkin muncul selama tahap pengembangan.
Sprint dilakukan setiap dua minggu. Tujuan dari sprint ini adalah untuk menyelesaikan user story sesuai dengan rencana rilis. Di akhir setiap sprint, user story akan diverifikasi dan disetujui oleh pengguna bisnis. Prioritas dapat berubah selama proses pengembangan, sehingga user story baru mungkin ditambahkan, atau yang sudah ada bisa dipindahkan ke backlog.
Langkah ini berfokus pada perbaikan defect yang muncul setelah fase pengembangan, serta melakukan optimasi apabila terdapat ketidaksesuaian dengan hasil yang diharapkan. Tujuan dari langkah ini adalah untuk terus memantau dan meningkatkan kinerja sistem secara berkelanjutan.
Monday to Saturday: 9.00am to 5.00pm